Asal Muasal Alpukat

Asal Muasal Alpukat

Alpukat sebenarnya masih tergolong dalam berry family.
Pada jaman dulu, alpukat memiliki reputasi sebagai makanan yang bisa merangsang kemampuan seksual seseorang.
Oleh karena itu alpukat jarang dibeli atau dikonsumsi, untuk melindungi citra diri masyarakat dari fitnah.
Untuk memperbaiki kondisi tersebut, akhirnya para petani harus melakukan kampanye agar reputasi jelek tentang alpukat bisa hilang dan menjadikan alpukat lebih dikenal masyarakat luas.
Nama alpukat muncul dari para penjelajah Spanyol. Mereka tidak bisa mengucapkan kata Aztec untuk buah, yang dikenal sebagai ahuacatl, “testis,” karena bentuknya.
Orang-orang Spanyol tersebut menyebutnya aguacate, mirip dengan nama yang kita kenal sekarang.
Alpukat harus benar-benar tua sebelum dipetik. Alpukat tidak akan matang di pohon karena daunnya mengandung zat yang mencegah proses pematangan.
Oleh karena itu, pohon sebenarnya dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan, dengan menjaga alpukat tetap di pohon selama beberapa bulan setelah tua.
alpukat merupakan tanaman buah berupa pohon dgn nama alpuket (Jawa Barat), alpokat (Jawa Timur/Jawa Tengah), boah pokat, jamboo pokat (Batak), advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat (Lampung) & lain-lain.


**Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah & Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan & gizi masyarakat, khususnya di daerah dataran tinggi.

0 komentar:

Post a Comment